Stase Lelah Jiwa Raga
09.48Seminggu yang lalu, saya ketemuan sama temen kuliah. Kebetulan kita tinggal di tempat yang berdekatan. Kita hampir selalu bareng selama kuliah S1 secara nomor absennya deketan, udah satu kelas, satu dosen wali, satu kelompok praktikum pula. Tapi kita nggak bareng waktu koas. Nggak pernah satu kelompok sekalipun. Lama ga ketemu, bisa dibilang sejak koas, rame deh waktu akhirnya ketemu lagi kemarin.
Salah satu topik yang kita bahas adalah stase yang paling bikin nangis. Buat saya, jawabannya cuma satu: Obstetri dan Ginekologi alias Kandungan dan Kebidanan. *sigh*
Stase yang satu ini menurut saya adalah yang paling menguras tenaga dan emosi. Stase selama dua bulan lamanya dengan durasi waktu jam/hari nya bisa dibilang paling lama dibanding stase besar lainnya. Saya inget saya dapet ronde pertama di ginekologi. Well, andai engkau tahu apa artinya itu... Di stase ginekologi kami harus sampe di departemen paling lambat jam setengah 5 pagi. Untuk apa harus datang sepagi itu? Ya, untuk bukain kunci depan ruang departemen, masuk ke ruang laporan jaga dan ngerapiin kursi, papan tulis, meja, dan sebagainya. Termasuk nyapu dan buang-buangin sampah. Saking takutnya saya bakal bangun kesiangan, tiap hari ibu bangunin saya jam setengah 3 pagi. YES! Lalu saya mandi dengan air hangat (ibu saya luar biasa) dan jam 3 pagi saya berangkat ke rumah sakit. Jalanan masih kosong, lampu lalu lintas masih kedip-kedip kuning doang. Rekor saya rumah-kampus cuma dalam waktu 10 menit, padahal biasanya paliiiing cepet 20 menit.
Bayangin, saya sholat subuh aja itu di rumah sakit. Gila bener kalo dipikir-pikir. Udah gitu seharian keliling sensus pasien, ngapalin nama pasien satu-satu, hasil pemeriksaannya apa, diagnosisnya apa, terapinya apa. Kenapa mesti diapalin? Karena tiap hari Kamis konsulen akan visit pasiennya dan nanya ke kita, "Dek ini pasien apa?" dan kita harus udah apal jawabannya di luar kepala.
Hari pertama itu, baru muter ke berapa pasien, temen saya kolaps dong. Langsung heboh dibawa ke IGD, wih makin pusing. Apalagi pas tau ternyata teman saya itu ada masalah jantung (dan baru hari itu juga dia tau!) jadi ga boleh kecapean. Buset. Untungnya, stase ginekologi berlalu tanpa masalah. Sang konsulen minta buat PPDS nya aja yang laporin pasien, itupun dalam bentuk presentasi. Dan kita nggak ditanyain apa-apa. Senengnya luar biasa.
Stase berikutnya jaga VK. Selama... Tujuh. Malam. Penuh. Padahal paginya... Masuk. Seperti. Biasa. It means saya mesti bawa koper untuk baju ganti tujuh hari dan tinggal di kosan temen... Untuk. Tidur. Siang. Saja. Secara kami baru selesai kegiatan itu paling cepet jam 5 sore dan harus jaga lagi jam 7 malam sampai jam 7 pagi esok harinya! Kurang lebih total ada 8 koas (4 junior dan 4 senior) yang jaga malam, sedangkan cuma ada... Satu. Bed. Pasien. Untuk kita tidur. Jadi, yang ada adalah kami tidur mengelilingi kasur yang penuh dengan textbook, buku catatan, hape, dan alat tulis yang kita pakai untuk belajar. Kita sendiri tidurnya di kursi. Nggak. Enak. Banget. Saya nggak pernah bisa tidur dengan posisi seperti itu. Kadang saya suka curi-curi kesempatan tidur selonjor dengan barisin kursi di Nurse Station which is sangat terlarang buat koas. Jadi lu jangan salahin kalo ada dokter yang jaga IGD malam hari lalu tidur ketika nggak ada pasien. Kita ini udah cukup disiksa dengan kurang tidur, padahal kita yang selalu kasih nasehat buat pasien untuk cukup tidur. Because proper sleep is precious for us.
Saya merasa stase VK adalah stase yang useless. Entah ini efek saya yang terlalu 'wangi' atau gimana, selama saya stase seminggu di VK, selama itulah tidak ada satupun ibu hamil yang melahirkan. Satupun. Termasuk partus spontan (tanpa bantuan alat dan tanpa operasi). Padahal tugas di stase VK adalah bikin laporan partus spontan. Akhirnya, di malam terakhir saya jaga, udah hampir pergantian rotasi yaitu jam setengah 5 pagi, ada dua ibu melahirkan, itupun SC. Dan saya pun masuk OK untuk catat laporan persalinan, yang malah berakhir jadi asisten operasi. NICE! Akhirnya setelah memohon pada kepala sekolah, saya dibolehin bikin laporan partus SC. Satu pasien untuk berdua.
Masih inget banget, waktu itu bayi yang dilahirkan nangisnya melengking. Lalu ketika dibantu dokter anak untuk resusitasi selama beberapa saat, nyawa bayi tersebut nggak terselamatkan. Setelah diperiksa juga ternyata si anak ini punya beberapa kelainan bawaan. Ibu yang melahirkan udah berusia 40 tahun. Usia yang terlalu tua untuk punya anak. Bayi ini adalah anaknya yang ketujuh. Si ibu bukanlah orang yang berada, dia juga jarang periksa kehamilan, selama mengandung ia minum jamu-jamuan, ia pun nggak pernah pakai KB. Sedih deh kalau lihat yang kayak gini.
Stase berikutnya adalah FER alias fertilisasi. Yep, berhubungan dengan KB dan bayi tabung! Paling banyak KB sih. Lagi-lagi, saya harus datang jam setengah 5 pagi. Kali ini untuk keliling ke tiap bangsal, sensus pasien yang baru melahirkan, dan menawarkan KB. Yep, bagaikan sales saya harus datangi ibu-ibu ini satu demi satu untuk menawarkan KB, menjelaskan manfaat dan efek samping serta jangka waktu dan cara pemasangan KB ini dan itu, sambil pepeeeet teruuuus biar dia mau pasang KB. Terutama ibu-ibu yang anaknya udah banyak atau yang usianya masih terlalu muda. Seneng banget kalo ada yang mau KB!
Stase berikutnya stase IGD. Kembali ke kosan, harusnya. Tapi karena suatu hari saya dan Tara ga bisa ke kosan karena hujan (nggak bisa bawa mobil karena jalan kosan terlalu sempit), kami berdua memutuskan untuk tinggal di IGD. Seriusan. Kami simpan baju di koper di bagasi mobil. Sore abis kegiatan kita taro barang-barang ga penting di bagasi sambil ambil baju ganti. Mandi di IGD jam 5 sore trus tidur sampe maghrib di kamar jaga. Abis maghrib siap-siap operan jaga, lalu mulai jaga dari jam 7 pagi. Jam 5 pagi mandi di kamar mandi IGD. Sebelum laporan pagi jam 7 taro barang-barang ke mobil.
Di IGD sering banget ketemu kasus keguguran. Paling sedih pas ada yang sengaja gugurin kandungannya karena hamil di luar nikah :( Tapi yang paling serem adalah kejadian pagi hari setelah jaga malam hari keenam.
Saya masih inget itu adalah hari Sabtu pagi dan kami semua koas dan residen berkumpul di ruang laporan jaga. Yang memimpin laporan adalah ketua jaga semalam, yaitu yang mulia chief residen. Jadi, saya duduk di baris paling depan, tepat di depan ketua jaga. Karena tidak ada kasus di VK (belakang), maka yang dilaporkan adalah kasus IGD (depan). Lalu beliau berkata, "Silakan yang belakang melaporkan."
Pertama, saya duduk di depan. Kedua, semalam saya jaga di IGD alias jaga depan. Saya cuek aja. Lalu, chief berkata, "Ayo maju," sambil melihat lurus ke arah saya. Bingung, saya menunjuk diri sendiri, "Saya?" "Iya kamu, ayo maju," jawab chief. Seketika saya minta catatan dari teman saya karena semalam buku catatan dia yang kami pakai. Entah dia masih ngantuk atau gimana, malah bengong, "Bukan kita yang laporan," katanya. "Aku disuruh maju, mana catatannya?" Dan saat buku catatan sudah di tangan, bapak chief sudah berdiri menghadap papan tulis dan mulai menulis laporan kasus dengan spidol.
Dalam hati ku berkata, "Wis ki, mati aku." Dan bener aja, ketika beliau berbalik dan duduk kembali di kursinya, bapak chief berteriak marah ke arah saya di depan puluhan pasang mata, "Dek! Nama kamu siapa?" seketika ruangan jadi sunyi. Saya pun menjawab, "Pratiwi, pak." "Pratiwi! Saya ingat-ingat ya kamu...." Lalu keluarlah cacian omelan panjang lebar yang intinya adalah saya sebagai koas yang kerjaannya nyantai, masa disuruh maju nulis laporan aja ngga mau. Begitulah.
Selesai laporan jaga, sambil minta tanda tangan beliau di logbook kami, saya minta maaf ke beliau. Ngeri sih tapi saya nggak pengin masalahnya makin panjang. "Maaf pak, saya tadi saya sedang cari catatan kasusnya untuk laporan." Lalu beliau bilang, "Oke, nggak papa dek, lain kali kalo kamu disuruh maju, langsung maju aja meskipun kamu nggak tau disuruh ngapain."
Well, abis insiden laporan jaga itu saya jadi super terkenal. Semua residen yang kenal dan yang nggak kenal saya bahkan nanyain kenapa bapak chief bisa marah karena dia terkenal sebagai orang yang paling sabar dan paling baik sama koas. Semua orang nggak tau bahkan kalau saya yang disuruh maju, karena dia nggak secara spesifik nunjuk saya, tapi kenapa saya yang dimarahin. Semua orang terheran-heran dan nyuruh saya buruan minta maaf. "Sudah" "Trus beliau bilang apa?" "Bilang...." "Iya dek, lain kali kayak gitu ya daripada kena masalah lagi, kasian kamu."
Dimarahin adalah satu hal. Ditanyain, dinasehatin, dan dikasihanin sama puluhan orang lain itu hal lain lagi. Pas dimarahin, saya merasa, "Oke, ini serius." Tapi habis orang-orang ngomong gitu, saya merasa, "Tamat riwayat gue!" Pengin nangis, tapi saya tahan-tahan. Apalagi, tiba-tiba kepala sekolah bilang, "Kalo kalian punya masalah sama residen siapapun, aku akan bantu. Tapi kalo kalian punya masalah sama chief residen, aku ngga bisa bantu apa-apa." Seharian, temen-temen kelompok saya menghibur biar saya nggak nangis. Tapi tiba-tiba, sebelum jaga malam terakhir, salah satu temen saya nyeletuk niruin ucapan chief ketika marah. Saya ketawa, tapi seketika itu juga nangis deres dan nggak bisa berenti. Sampe si temen ini bingung gimana nyetop saya supaya berenti nangis.
Selesai jaga malam IGD terakhir, saya lanjut jaga pagi VK sampai jam 7 malam. Jadi total saya kerja sekitar 180 jam dan belum pulang ke rumah. Capek, sedih, nggak karuan lah. Selama stase VK pagi, berkali-kali saya ketemu chief dan dipanggil dengan mesra. Literally, mesra. "Pratiwi~" Selalu. Tiap ketemu saya. Lagi jalan mau laporan jaga, dipanggil. Ditanyain kabarnya gimana? Trus dia bilang, "Omongan saya kemarin jangan dimasukin ke hati ya." Jalan kemanapun kalo ketemu dia selalu dipanggil dengan nada mesra. Bukannya seneng, saya takut setengah mati. Sampe saya rela putar balik nahan laper cari kantin yang lebih jauh gara-gara dari jauh keliatan beliau lagi jalan ke arah saya. Lagi jalan di koridor, ngumpet di balik tembok. Bener-bener lah. Bahkan, pas operan jaga, operannya sama orang lain lho. Pas nama saya diabsen, eh beliau langsung nongol, lari dari kamar belakang. "Pratiwi~, kamu jaga ya?" "Iya dok." "Semangat ya jaganya." "I-iya dok." Residen yang lagi ngabsen protes, "Kok cuma Pratiwi yang diabsen?" "Iya dong, kan Pratiwi koas kesayangan saya. Ya dek, ya?" sambil senyum genit. TOLONG TEMBAK KEPALA SAYA SEKARANG!
Minggu berikutnya mulai penentuan penguji. Saya lagi stase luar di puskesmas dan kerjaan saya tiap hari adalah nangis. Saking cemasnya saya nggak tahan lagi, saya nangis. Pagi siang sore malam. Sebelum belajar, sehabis belajar. Udah sampe gila semua buku saya baca saya apalin karena yakin nggak akan dapat penguji yang baik hati. Di antara tiga penguji paling killer, saya berharap dapat dr. EWA, entahlah feeling saya paling baik sama beliau ini, walaupun killer juga. Dan syukur alhamdulillah, saya dapat ujian sama beliau. Masalahnya, saya ujian di hari pertama. NICE!
Udah capek nangis, udah capek belajar, udah nanya-nanya senior gimana kalau ujian sama beliau, akhirnya saya pasrah. Malam sebelum ujian, saya jaga. Dan somehow, saya lebih butuh tidur daripada belajar. Jadi saya curi-curi tidur di mushola. Tiap kali ada suara pintu terbuka, saya langsung pasang aksi tahiyat akhir. Begitu yakin ga ada orang, saya langsung tiduran lagi. Begitu aja terus sampe jam setengah 5 pagi.
Di hari ujian, saya ketemu lagi sama chief residen. "Pratiwi~, kamu ujian hari ini?" "Iya dok." "Sama siapa?" "Sama dr. EWA" "Oh, tenang aja, beliau baik kok. Semoga kamu dapat nilai A yaaa..." "Aamiin dok." (dalam hati, udah ga peduli dapat nilai apa asal lulus dan nggak balik-balik lagi ke sini).
Ujian berakhir dengan cukup lancar. Ada pertanyaan yang saya ga bisa jawab, trus dikasih contekan sama residen pendamping, tapi saya ga bisa baca tulisannya >.< hahaha kocak sih itu jawabanya kan rectal, yang saya baca adalah rec+al :)))
Setelah ujian, saya kayak sering banget ditanyain sama residen tiap kali laporan jaga. Karena cuma saya yang selese ujian langsung di hari pertama. Bukan mau sombong, tapi emang suka gitu dosen mah suka-suka. Temen saya ada yang ujian sampe seminggu, kebanyakan nunggu trus ujiannya cuma berapa menit doang. Dan, kali ini saya bisa berani jawab dengan yakin karena udah ujian. Mau salah juga bodo amat, udah ga takut dapat penguji killer.
Yah, begitulah ceritaku tentang stase yang paling melelahkan jiwa dan raga. Coba tebak, lulus nggak??? Lulus dong, walaupun nilainya B doang, kutakpeduli, setidaknya ku tak akan menginjakkan kaki di departemen itu lagi. Bye! Thanks for the memories!

0 comments