Kudet itu Pilihan

07.39

Saya baru aja iseng baca posting jaman dulu dan menemukan bahwaaa... Dulu saya lebih alay daripada sekarang :)) dan dulu topik bahasannya cukup beraneka ragam, sedangkan sekarang kalo nggak tentang buku, tentang kerjaan. Mentok juga liburan ke Bangka Belitung kemarin yang terjadi karena ngepas aja pas saya libur jaga. 

Well, beberapa waktu yang lalu saya dan salah satu dokter umum di rumah sakit mendadak bengong pas jaga malem yang cukup tenang. Dan entah apa yang memulai percakapan kami, dokter itu bilang, "Jadi dokter tuh, nggak tau apa yang terjadi di luar ya dek." Dan saya mengiyakan. 

"Udah dulu sekolah kayak gitu beratnya, ujian tiap minggu. Balik, belajar, balik, belajar. Jadi koas apalagi, kerjaan numpuk, pulang belajar, tidur aja keteteran. Apalagi kalian sekarang ditambah UKDI, internsip, DLP. Bukannya makin ringan malah makin berat," katanya sambil menerawang.

"Dokter tau nggak, kemarin malem saya jaga pasiennya naudzubillah banyaknya. Saya nggak tidur sampe jam setengah 5 pagi. Itupun jam 6 nya udah bangun lagi. Dan malem itu ada 6 pasien yang plus (baca: meninggal). Saya sampe di kos jam 8, mandi, trus tidur. Bangun jam 2 siang, beli makan, balik, jam 4 sore tidur lagi, bangun-bangun udah jam 7 malem. Mandi, siap-siap, cari makan, eh udah jaga lagi aja."

Dia langsung ngelihat saya dengan tatapan kasihan campur geli, "Kamu bosen nggak dek, jaga IGD?" "Menurut dokter?" jawab saya dengan muka datar. Dia ketawa, "Nanti kalo jadi dokter beneran kan nggak bakal separah ini, tiap hari jaga IGD tuh emang menguras tenaga banget." "Dan menguras emosi dok. Pasien sama keluarganya sekarang ini galak-galak," jawab saya. "Iya dek, kudu sabar. Bismillah aja, jadi dokter banyak pahalanya," kata dokter yang juga partner favorit saya tiap jaga malem.

...

Intinya, jadi kudet atau nggak itu pilihan, bahkan saat kamu adalah seorang dokter. Saya ini orang yang menemukan kebahagiaan, kenyamanan, dan rasa santai dari membaca, nyetel youtube channelnya Frank Sinatra sampe Ariana Grande sambil blogging atau ngetik-ngetik hal nggak jelas, zumba di kamar, main Candy Crush, nonton film box office atau drama korea, dan scrolling Instagram. Kalo otaknya lagi agak lurus ya latihan soal-soal TPA atau IELTS persiapan sekolah lagi, aamiin. Dan belakangan ini sumber saya ngerti berita cuma Line Today hahahaha. Dan itu semacam prioritas terakhir di kehidupan saya saat ini. I don't think I need to know what is happening in this entire world right now, it's all about me I do really care about. 

You Might Also Like

0 comments