Siaran Berita, Nowadays

07.19

Well, pemanasan untuk malam ini...


Gambar di atas saya comot dari tweet temen saya beberapa hari yang lalu. Yes! Exactly! Saya sependapat sama temen saya ini. Inget nggak sih waktu SD, SMP, kita belajar Bahasa Indonesia atau PPKn, dan di pelajaran tersebut berkali-kali ditekankan kalo media massa itu fungsinya untuk memberi informasi dan nggak seharusnya mendorong publik pada opini tertentu atau mendiskreditkan hal-hal tertentu? Yang saya inget sih gitu.

My own opinion sih, perkembangan media yang pesat ini sejalan dengan demokrasi yang makin maju, hak untuk tidak dibungkam dan hak untuk didengar. Oke, semua orang pengen bicara dan semua orang pengen didengar, saya rasa itu dasar dari terbentuknya berbagai program televisi yang isinya diskusi, sharing opini oleh mahasiswa, profesi, dan umum tentang masalah di Indonesia, mulai dari politik, lingkungan, kesehatan, keuangan, dan sebagainya. Belum lagi forum-forum diskusi lain, termasuk juga forum diskusi di media online atau sekedar sharing di blog dan social media. Termasuk post ini, jelas banget kalo sekarang kita diberi kebebasan penuh, yang mestinya disertai tanggung jawab, untuk punya dan menyampaikan pendapat. 

Honestly, saya kurang ngerti ilmunya gimana, cuman pendapat saya sebagai orang awam, media massa, terutama di sini siaran berita ya, seharusnya menyampaikan fakta saja. Masalah orang akan berpendapat apa itu bebas, nggak perlu digiring dengan statement-statement yang mendeskriditkan pihak tertentu, seperti contoh di atas. Menjadi "berani" itu, menurut saya, seharusnya berani menunjukkan fakta tanpa ada yang ditutupi dan tanpa dibumbui apapun, asli, murni, yang dengan fakta itu media mempersilakan masyarakat untuk punya pendapatnya sendiri, bukan yang berani mojokin pihak tertentu karena 'merasa' punya fakta paling akurat, 'merasa' paling benar. Kenapa 'merasa'? Karena in my opinion, media berita itu sekarang kurang objektifitasnya. Hmmm... Entahlah apa ada hubungannya dengan media, terutama saluran tivi khusus berita saat ini kebanyakan dikuasai oleh politikus. Relasinya? Hmmm... Coba dipikir sendiri deh, hehe. 

Yah, kalo media nya nggak dewasa dengan bikin berbagai statement yang memojokkan gitu, kita nya aja yuk yang jadi dewasa, apapun statement mereka, kita kudu bisa pegang teguh pendapat kita, jangan gampang move on, heheheh. 

Itu pendapat saya, gimana pendapat Anda? :)

You Might Also Like

0 comments