What People Are Talking About Now

17.23

di mana2 orang lagi pada ngomongin perseteruan Indonesia-Malaysia. oh god! bikin bete sumpah. saya paling nggak suka sama yang istilahnya berseteru, bertengkar dan sodara nya yang lain!

kenapa sih kita nggak bisa hidup damai aja rukun bertetangga. kenapa sih mesti pake bertengkar segala.

paling bete sama orang2 yang demo entah itu mahasiswa ato bukan. kalian demo atas nama apa sih? nasionalisme? bukan gitu cara nunjukinnya! kita udah nggak idup di jaman jahiliyah. hidup dan cara kita hidup harusnya lebih beradab! bukan asal cuap2 bakar bendera dan ngedobrak konsulat. bangsa macam apa sih kita? bangsa nggak punya sopan santun? bangsa yang cuman bisa bikin malu? yang kalian tunjukin itu sama sekali bukan nasionalisme. itu emosi! emosi yang negatif. emosi yang cuman bikin semua makin runyam. bukan memperbaiki sesuatu.

kalo batas negara kita dilanggar? salah siapa sih? ya salah kita sendiri! gimana ceritanya kok bisa dilanggar? itu pasti karena negara kita nggak ngejaga dengan baik. mungkin ada oknum2 penjaga batas negara kita yang mau diajak kongkalikong sama mereka. mungkin juga mereka kurang waspada nggak bener2 teliti.

jadi penjaga batas negara tuh butuh kerja ekstra keras karena mereka secara nggak langsung bertanggung jawab menjaga kedaulatan kita. mereka harus punya iman dan juga rasa nasionalisme yang kuat. tapi itu aja nggak cukup. negara juga harus ngasih 'insentif' untuk mereka jangan sampai mereka tergiur dengan yang ditawarkan pihak lain.

sekarang Malaysia nggak terima kalo benderanya dibakar? kenapa? karena mereka juga punya rasa nasionalisme nya sendiri. mereka juga ogah kali terus2an disalahin. dan bayangin kalo kalian ngeliat bendera merah putih itu dibakar di mana2 di negara tetangga. apa kalian nggak kesel? apa yang disebut sebagai rasa nasionalisme dalam diri kalian nggak terusik?

nggak usah sok ikut2an deh kalo jadinya cuman makin bikin ricuh. biar mereka yang di atas tuh kerja, biar mereka berdiplomasi. sayang juga kan mereka udah kuliah susah2 untuk belajar soal diplomasi kalo akhirnya diplomasi mereka nggak jalan gara2 orang2 bodoh yang bertingkah kayak monyet yang baru ngerti kata 'nasionalisme'.

hhh, pagi2 saya udah emosi.

You Might Also Like

4 comments

  1. great job looking at things from a different perspective. i give you my grattitude. :-bd

    BalasHapus
  2. prasaan, ribuuuuuuuuuut mulu,
    kpn sih adanya perdamaian dimuka bumi ini..
    Bumi itu udh menderita bgt...
    gak adakah yg lbh peduli dgn keadaan planet Bumi kita.

    BalasHapus
  3. suka buah sirsak gak?
    maen keblogku ya...

    BalasHapus
  4. @hundred face: thank you so much :)

    @penghuni60: iya ngebetein

    @science box: suka, okeee :D

    BalasHapus