PART 13 - School, Classmate, and Concert

02.16







Part 13.


[Kamis, 13 Desember 2007]


...


Menurut wakasek yang malem sebelumnya telpon, hari itu saya masuk sekolah jam 08.00 dan my host mom ngijinin aku dan Amirah untuk bangun jam 07.30. Great!! 


Saya dan Myra -panggilan buat Amirah- udah pasang alarm jam 06.00 karena Myra butuh solat Subuh -saya lagi libur solat waktu itu-. Alarm ku bunyi persis jam 06.00, Myra udah bangun, jadi saya langsung matiin alarm dan tidur lagi. 


Jam 07.00 saya bangun dengan leher pegel2. Yah, jujur nih ya, jauh lebih enak tidur di hotel daripada di rumah hostfam. Kenapa?? Karena bantal mereka itu tergolong traditional style, jadi cuman kayak karung isi beras terus dilapisin handuk. Hmm.. Tapi, yang saya suka dari kamar ini adalah tiker jerami di bawahnya, penghangat ruangan, dan selimut yang bertumpuk-tumpuk. Bikin nggak pengen keluar kamar karena di luar jadi kerasa dingiiinnn banget.


Anyway, setelah rutinitas pagi di kamar mandi, saya ke ruang keluarga untuk sarapan. Sarapan hari itu adalah telor ceplok yang di atasnya dikasi irisan tipis kol mentah dan dikasi saos wijen yang rasanya asem asem nggak jelas, saya sampe nggak berani napas pas masukin
makanan itu ke mulut. Untuk minumnya, kita dapet ocha. Dan hebatnya, Kumiko-san bawain makanan yang, sumpah, banyak banget untuk aku dan Myra. Bayangin!! Dua kotak makan ukuran besar. Yang satu isi nasi putih dari beras putih dan beras merah, yang satu full lauk pauk, mulai dari chicken ball, bihun dengan siraman saus wijen, omelette, dan tempura. Wow!!


Kita dateng ke sekolah telat. Padahal, di Jepang kan biasa aturan ketat banget, liat aja Nobita yang sering disuruh berdiri di luar kelas. Tapi, berhubung aku dan Myra siswa exchange dan karena kesalahan sebenernya ada pada Kumiko-san yang sering lupa jalan sampe berkali2 nanya orang, akhirnya kita dikasi keringanan. Maklum nenek2 =D





bangunan depan dan loker di deket pintu masuk



Sampe di depan kantor kepsek, kita ganti srippa, semacam sandal hotel. Kita langsung masuk ruang pertemuan yang ternyata udah penuh siswa Jenesys. Kita dibagiin kertas yang isinya kita masuk kelas mana plus jadwal pelajarannya. Setelah perkenalan di ruang guru, kita masuk ke kelas masing-masing. Saya dapet di 1-IC bareng Jacinta, Kelly, Emma (yang ternyata seorang murid dan bukannya guru), Min, dan Ka'il. Myra, Subuhi, Dream, Ed, dan Paul kebagian di kelas 2-IC.


Here we go...


Masuk kelas, masih rame, ada yang kejar-kejaran lah, ada yang lempar-lemparan kertas juga. Tapi, mereka langsung terpana pas kita masuk kelas. Kedengeran deh cewek2 bisik2, "kawaii, kagoii". Ternyata, di kelas, masing-masing dari kami punya pendamping. 
Pendampingku namanya Mizuki. Anaknya lucu. Jepang banget lah, kayak di komik-komik gitu. 


Nggak lama kemudian bel berbunyi, tanda masuk. Wali kelas masuk, ketua kelas berdiri ngomong sesuatu dalem bahasa Jepang, anak2 sekelas ikut berdiri, membungkuk sambil ngomong, "ohayou gozaimasu!", sang wali kelas bales ngebungkuk dan ngasi salam yang sama. 


Trus wali kelas di depan kelas entah ngapain kayaknya ngobrol sama anak-anak tentang kondisi kelas atoapalah nggak ngerti, pake bahasa Jepang soalnya. Bel bunyi lima menit kemudian. Si ketua kelas berdiri lagi, ngasi instruksi, salam lagi dan si wali kelas keluar.
Langsung masuk deh, guru cowok imut banget yang ternyata ngajar bahasa Inggris, dia nyuruh kami berenam maju ke depan memperkenalkan diri. Dan see, betapa bangganya anak2 Jepang itu denger kita perkenalan pake bahasa Jepang. Well, mungkin sama dengan kalo di Indonesia ada siswa exchange dari luar kali yaa. Haha.


Yang saya nggak ngerti, kenapa semua cewek ngomong, "kawaii" untuk semua hal. Cuman karena saya bilang, "Indonesia kara kimashita," mereka bilang aku 'kawaii'. Wow!! Tapi, seneng juga sih, jarang kan ada yang muji di Indonesia. :p


Si guru ini punya ide asik, kelas dibagi ke dalem enam kelompok, dan siswa jenesys disuruh masuk ke kelompok-kelompok itu, gantian, sambil practice English. Sumpah!! Jadi pusat perhatian. Mereka banyak tanya tentang Indonesia, tentang Bali, tsunami, sampe apakah orang Indonesia tau kalo sendok itu buat makan. Haha. Enak aja.. Indonesia nggak seprimitif itu kali sampe nggak tau kalo sendok buat makan.


Mereka juga minta diajarin Aksara Jawa, beberapa lagi, yang doyan makan, tanya tentang makanan-makanan di Indonesia.


Yang lucu pas masuk kelompok cowok, yang saya denger, cowok Jepang itu pemalu. Haha. Dan bener aja, pas aku tanya hobi mereka, Daichi, yang paling ganteng tapi tampangnya paling pemalu bilang kalo dia suka kendo. Nah, saya kan emang sering liat tuh di drama Jepang, saya bilang pengen minta diajarin, temennya yang lain langsung nyorakin, dan wajahnya merah seketika. Hahaha... Puas bangett!!!


Tapi, ternyata ada yang reaksinya lebih parah. Namanya Genki, si ketua kelas, gagah orangnya. Kata temen-temennya, dia itu kapten baseball, dan dia pitcher yang oke banget!! Pas saya tepuk tangan buat dia, wajahnya langsung semerah udang rebus, dan kepala temen di sebelahnya langsung jadi sasaran timpuk. Dan saya yang lagi seneng banget godain orang ngomong, "don't be shy, you're great!" dia langsung ngumpet di bawah meja. Hahaha.


Ternyata, satu jam pelajaran itu waktunya satu jam, dipotong waktu lima menit di akhir pelajaran untuk istirahat. Waktu lima menit ini dipake anak2 buat makan, nyalin pe-er, ato nyelesein catetan pelajaran sebelumnya. Dan aku baru perhatiin interior kelas yang 
ternyata kelasnya itu serba kayu. Pintunya sendiri adalah pintu kaca, jadi keliatan deh dari luar si murid lagi pada ngapain. Di belakang kelas juga ada loker2 gitu gatau lagi deh buat apa kayanya dimana2 juga ada loker. 


Dan saya baru sadar kalo di sebelah kelasku ada taman yang bagus banget. View nya bikin adem dah. Kayaknya kalo lagi musim anget, anak2 suka makan di bangku-bangku kayu bawah pohon deh. Hmmm.. If I could stay longer.



taman di depan kelas, persis keliatan dari meja tempat saya bengong eh belajar di kelas =)


Jam matematika, not bad, cukup gampang.Jam pelajaran kimia, kita disuruh ngejelasin proses perubahan zat pake bahasa masing-masing. Ya walopun anak2 Jepang itu nggak 
mudeng dan cuman bisa bengong. Hehe. Tapi, aku seneng banget. Ternyata, guru kimia ini peduli banget kalo ada budaya lain di luar sana. Buktinya, dia nyalin di notes nya sendiri penjelasan kita di papan tulis yang pake 6 bahasa itu -Kelly nyumbang bahasa China nya dan Min nyumbang bahasa Korea-.


Pelajaran tata boga alias pkk, persis banget sebelum makan siang. Kita dibagi ke kelompok-kelompok. Dan kelompokku anak-anaknya asik banget. Ceritanya kita mau masak pasta , bahan bakunya pork. Saya langsung lapor ke guru yang bersangkutan dan minta resep masakan yang lain karena saya nggak boleh makan pork. Akhirnya, saya dikasi resep Curry Rice. 


Ohoho.. Saya sering denger di komik, tapi masak sendiri?? Haha. Bikin mie instan aja saya kewalahan.. Akhirnya dengan bantuan Meiko, si blasteran Jepang-Korea, saya berhasil bikin nasi kare sendiri!! Hehe. 


Dia kan bacain step-step nya doang. Ternyata tinggal masukin bumbu kare, air, aduk sampe kental, masukin sayuran, makaroni, jadi deh!! Saya bikin nasi kare ini sewajan gede penuh, sesuai instruksi guru. Aku pikir ini mau dimakan anak satu kelompok, ato minimal berdua Meiko, ternyata cuman buat saya doang. My God!!


Gara-gara resep lain yang aku masak, anak2 dan si guru pkk semangat banget nanya2 tentang kenapa aku nggak boleh makan pork, tentang Islam, dan makanan halal haram, dan puasa. Wow!! Senengnya, bisa bikin mereka paham. 


Oya, si guru pkk sempet nanya makanan Indonesia paling enak, trus saya jawab: sayur asem. Beliau sempet minta kasih tau resepnya sih, tapi yaaahhh berhubung saya paling nggak tau menau soal masak memasak, saya saranin dia cari aja di internet =P


Pelajaran berikutnya P.E. alias olahraga. Karena gak ada persiapan sama sekali, saya dan anak jenesys lain di kelasku cabut ke kantin. Kita sempet ketemu kakak-kakak kelas yang heboh sendiri liatin kita. 


Di kantin, kita bercandaan dan ngobrol banyak. Baru inget deh, bento ku dua kotak belum kemakan..


Saya: Hey guys, do your okaasan bring you bento?
Min: OMG!! Yeah, thanks, Tiwi! You remind me! (ngeluarin bento nya yang cuman sebungkus sandwich dan yakult)
Saya: What should I do with these? (ngeluarin kotak makan ku yang gedenya ampuuun)
Kelly: I don't eat my bento. It doesn't match my taste.
Saya: Should I? Volunteers told me that for Japanese, not taking their bento would make them so sad.
Min: Yeah! I agree with you. You should eat it. 
Saya: But, I'm full. Didn't you see I eat whole of curry rice by myself?
Min: (ketawa) Haha. Of course. But, at least, you eat a half of it. They've made big bento for you.
Saya: Would you join me?? (nawarin ke anak-anak lain)
Lainnya: No, thanks. I'm full.
Saya: (sadar nggak ada sendok atopun sumpit) Hey, I don't have to eat these!! They don't bring me any spoon nor chopsticks. (nyengir bangga).
Min: Haha. C'mon girl, mine's free. You can take this (nyodorin sumpitnya). 
Saya: Oh, my.. (pasrah)
Min: Hahaha. I'll cheer you up here. 


Akhirnya pelan-pelan aku makan, dan uhh, hambar, tapi aku tetep terusin. Sampe tinggal sisa satu chickenball doang.

Min: Finally, you make it!! Haha...
Jacinta: Wow!! You're great!! I dunno that your small body could take loads of foods.
Kelly: I wish I could be you.
Saya: Thanks, but I dont think I can walk now. 
Lainnya: Hahaha...


Jam pelajaran berakhir, waktunya bersih-bersih lagi di ruang tata boga. Setelah cuci piring dsb, saya diajakin Mizuki dan anak2 lain buat keliling ngeliatin klub apa aja yang ada di Toryo High School. 


Pertama saya diajakin ke gym yang sumpah luasnya minta ampun. Luaaaaaasssss bangeeeetttttt. Nah, gym nya ini ada beberapa ruang. Ruang depan ada loker banyak banget, ternyata itu tempat buat anak2 naro apapun barangnya selama di gym karena nggak dibolehin bawa barang segede karung ke dalem situ. trus oya, srippa nya juga beda. kalo di kelas warna merah, di kamar mandi warna kuning, di sini warna biru. Hihihi. 


Trus kita jalan2 ke ruang di sekitar situ. di lantai bawah cuman ada aula gede banget. Di lantai atasnya lagi ada banyak ruang, mulai dari ruang buat latihan bulutangkis, kendo, karate, basket, sampe pingpong. 




 


Abis itu saya diajakin jalan ke lapangan. Jadi, standarnya di Jepang, satu sekolah itu punya: kolam renang, lapangan voli, lapangan sepak bola, lapangan tenis, sampe lapangan baseball yang segede simpang lima. OMG!! Saya termangap2. 


denah Toryo Senior High School Kumamoto


Trus ya, selama saya jalan itu kan pastinya sambil ngobrol, iseng saya nanya.


Saya: Mizuki, is it allowed for female students here wearing that short skirt? (sambil nunjuk salah satu anak)
Mizuki: Mmmm... Actually, it's not. You'll have a week cleaning up the gym if teachers caught you wearing short skirt. But, we got a trick. We shorten it while there is no teacher and when teacher comes we lengthen it again. (sambil nunjukin gulungan rok di balik jasnya) nyengir.
Saya: Whoaaa!! That's cool!!


Trus dateng deh si Mikiko, temen saya yang mulai akrab juga.


Mikiko: Hey, Tiwi. Sorry, I had to join volley club.
Saya: Oh, it's okay. Please.
Mikiko: No, I've done with it.Sooo... Do you have boyfriend? (dia nanya malu2)
Saya: Me? Ha-ha. No. But, i have a crush actually. (nyengir mendadak kangen sama si.... gebetan waktu itu =D) So... You join volley club?
Mikiko: Yes. Mmm... Actually, I'm the team manager.
Saya: Wow!! That's cool. I thought it's only in comic. Hehehe.
Mizuki: That boy (nunjuk ke cowo gundul yang khas banget di seberang kita) is Mikiko's boyfriend. 
Saya: Really?? Is he in the same class?
Mikiko: No, he's senior. 
Saya: Oh, I thought I saw that guy this morning. Or is there any guy in our class with such hair cut?
Mikiko: Yeah, that's kind of punishment.
Saya: (melongo)
Mizuki: yeah, like cheating, coming late, making noise, something rude. 
Saya: Hahahaha. But, they seem much more cute (sambil ngebayangin temen2 saya semuanya digundulin, hehe, semua kan doyan nyontek =P)
Mizuki dan Mikiko: Hahahahahaha. Yeah, agreee...


Tau2 saya dipanggil ternyata Kumiko san udah jemput. Jadi deh saya pulang duluan, padahal belum sempet liat kolam renangnya. 
Di mobil saya ditanyain tentang pengalaman sekolah seharian dan saya langsung cerita macem2. Udah berasa cerita sama ibu sendiri. Hihihihi. Asik banget.


Sampe di rumah, saya cuman sempet cuci muka sikat gigi dan makan malam walopun menurut saya itu masih sore banget. Abis itu saya diajakin nonton konser musik klasik di salah satu hotel paling megah di Kumamoto


Waaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhh!!!! Sumpah it was my very first time being on such classical concert. Yang konser di situ sekelompok grup orkestra dari Prague, Czeko. Tuhaaann, makasih banget buat kesempatan yang dikasih. 


Tapitapi, saya ngantuk bangetttttt... Huhuhuhu. Kecapean seharian di sekolah. Mana saya duduknya di sebelah Otosan. Kan nggak enak gitu kalo mau tidur. Pokoknya saya bikin tahan deh, gimana caranya nggak tidur. Abis suasananya mendukung banget: AC yang dingin, jaket yang anget, ruang yang gelap, dan musik klasik yang ringaaan banget buat pengantar tidur. Aduh saya mulai merem melek gitu dan tau2...


'Krrrrrrr' anak yang duduk di depan saya persis tidur dengan nyenyaknya. Oh Tuhan!!! Saya harus gimana???? Haduuuhhhh... Mau tidur sayang, nggak tidur tapi ngantuknya udah sampe konjungtiva forniks. Arrrrggggghhh!!! Ni anak depan sialan banget bisa2nya tidur!!!! Haduh. saya ngelirik Otosan kayanya nonton antusias banget. Myra?? Sama aja walopun keliatannya ngantuk juga. Tapi kan dia at least nggak di sebelah Otosan ato Kumiko san jadi nggak papa banget kalo dia mau tidur. Nah aku??? Arrrgggggghhhh!!! Tekanan batin!


Akhirnya saya memutuskan untuk: pura2 bangun. Jadi, saya tidur tapi tetep pasang telinga. Jadi kalo pas akhir lagu kan pasti tepuk tangan tuh, saya ikut tepuk tangan yang kenceeeeenenngggg. Trus saya tidur lagi. Hihihihi, begitu terus sampe 3 ato 4 lagu. Terakhir: Christmas Carols. Walopun saya muslim, saya seneng aja gitu denger lagu2 natal, ceria banget soalnya. Baru deh saya melek. Dan abis ituu... pulaaaaanggg!!!


Di mobil saya tidur sampe nyampe rumah, saya langsung nempel ke kasur. Myra sempet tanya siapa yang mau mandi duluan? Of course laahh... dengan senang hati saya persilakan dia duluan. Abis mandi, Myra bangunin saya lagi. Saya bilang lima menit - lima menil - lima menit sampe tau2 pagi. dan saya belum mandi =P




*pic taken from here

You Might Also Like

4 comments

  1. huaaaaaaaaaahhhhh...
    seru banget ceritanya

    o iyah kenapa gak kasih resep "nasi goreng" ajah
    ituh terkenal lho
    hehhe..

    duh kayaknya indonesia di jepang seprimitif itu yha?
    sampe nanya kita tau sendok apa gak?

    o iyah gmn kalo lu tunjukin cara makan pake tangan ajah
    ^.^

    kan lumayan tuh
    :p

    yasudah kalo gituh...
    makasih yha ceritanya seru banget :)

    BalasHapus
  2. loh kamu di Jepang ya..
    waa seruu..
    qo ga ke jerman wi??

    BalasHapus
  3. @ arfgan:

    sama2 makasih juga udah dibaca, panjang banget, aku aja males baca. hee

    iya ya? heheh, abis masak nasi goreng juga gak bisa sih :P

    iya lho tapi aku ajarin makan pake tangan segala. hehehe, i said: 'it's flexible, using hand or spoon. but i think it's much tastier when you use hand" hahaha

    itu masih mending, temen aku malah ditanya, "do you live in trees?" emang monyet?


    @ festy:

    milihnya sih jerman fes, sebenernya. tapi dapetnya jepang. yaudah deh :D

    BalasHapus