Mengeluh?? Nggak banget!!

17.45

Mengeluh. Itu satu hal yang paling gampang dilakukan semua orang. Dengan mudah seseorang merutuki hidupnya, menganggap tidak ada yang peduli dengan dirinya, menganggap semua itu sukar untuk dilalui.

Pengeluh adalah orang yang mengeluh. Mereka kadang lupa untuk mensyukuri apa yang sudah mereka dapat selama ini. Padahal, mungkin orang lain menginginkan apa yang mereka telah dapatkan. Pengeluh menganggap masalahnya adalah masalah yang paling besar. Tanpa mereka sadari, ada orang lain yang memikul beban yang lebih berat.

Satu hal yang membuatku tertohok dan berusaha untuk tidak mengeluh lagi adalah teguran dari salah satu pegawai kantor ibuku.
Waktu itu, aku, ibu, dan teman sekantornya akan pergi ke suatu tempat. Sepanjang jalan aku mengeluh kecapean karena pulang sekolah mesti naik angkot, kepanasan, belum lagi aku harus berangkat les. Itu nggak hanya aku ucapkan sekali saja. Akhirnya, teman ibuku ini menegurku.

Katanya, "Haduh, mbak, jangan ngeluh terus. Dikira saya sama ibu nggak capek? Tiap hari mesti ke kantor, kadang pulang malem gara-gara lembur. Semuanya juga capek, mbak. Mbak mending, pulang sekolah bisa tidur dulu, terus berangkat les. Ibu? Saya? Pulang sudah malem, ngajarin anak belajar dulu, baru bisa tidur."

Deg!! Aku kaget, tertohok, dan baru sadar kalo yang aku lakuin itu salah. Aku terlalu banyak mengeluh, terlalu banyak menuntut. Mestinya, aku bisa menerima itu semua dengan sabar. Karena keadaanku bukanlah yang terburuk. Ada orang lain yang mengalami hal lebih sulit dibanding aku. Dan sejak saat itu pun, aku berusaha mengurangi mengeluh.

Aku belum bisa mengurangi sifat pengeluhku sampai habis sepenuhnya. Pernah aku bertemu orang yang juga suka mengeluh. Bisa dibilang lebih parah lah daripada aku. Orang itu ngeluh terus, dan kali itu aku nyadar. Ternyata, deket-deket orang yang suka ngeluh emang nyebelin banget, ya!

Nah.. doaku untuk semua..

Ya Tuhan...
Jauhkan kami dari sikap suka mengeluh...
Jadikan kami manusia yang selalu bersyukur padamu...
Kami tahu sikap kami yang suka mengeluh ini salah...
Jadi, maafkan salah kami selama ini...
Semoga dengan tidak mengeluh,
akan menambah kesabaran dan ketabahan kami...
Amin...

You Might Also Like

0 comments