Adieu, Komuda...

02.10

Dalam Bahasa Jawa, ada istilah 'pupuk bawang'. Istilah itu seringkali dipake kalo ada anak kecil main dengan anak-anak yang lebih gede. Dia nggak tau aturannya, tapi dibolehin ikut main, dan dia nggak pernah kalah karena dia adalah 'pupuk bawang'.

Komuda, nasibnya mirip-mirip dengan si pupuk bawang ini. Mereka sama-sama pake jas putih panjang setengah paha, persis koas. Mereka juga dapet tugas ngerjain kasus, wawancara pasien, ngelakuin pemeriksaan, bikin laporan, dan dapet bimbingan residen atau supervisor, mereka ujian juga, tapi mereka nggak bisa disuruh-suruh karena mereka dianggap belum tau 'aturan main' dan karena mereka belum tau aturan main, mereka nggak bisa dimarah-marahin (HAHAHA).

Jadi komuda adalah masa-masa paling enak. Bisa belajar, bisa latihan pemeriksaan, bisa ngobrol seru dengan senior, residen, bahkan supervisor. Bener-bener deh kalo lagi laporan kasus, senior nggak bisa jawab langsung dibantai dengan pisau-pisau verbal, jadi komuda paling cuman digelitik dikit dengan ujung 'pisau' terus diajarin yang bener gimana. 

Tapi, sama dengan pupuk bawang, kadang yang namanya komuda capek sendiri karena lari-lari tanpa tujuan. Semacem invisible kesannya. Karena sama kayak pupuk bawang, pemain lain nggak peduli kamu mau lari ke mana aja, kamu kan nggak terikat aturan. Yang bikin komuda agak galau dan pengin jadi bunglon itu ketika dia nggak punya kerjaan lain selain menunggu. Nungguin residen lah, supervisor lah. Kalo komuda duduk-duduk aja nggak enak sama yang lain pada wira-wiri kerja. Mau ikut wira-wiri juga menuh-menuhin tempat. Serba janggal lah. Nah, yang kayak gini ini yang pada akhirnya, kayak pupuk bawang, komuda lebih milih cabut. 

Yah, tapi overall nikmat banget lah jadi komuda. Bahkan kalo bisa maunya jadi komudaaaa terus langsung jadi dokter hahahaha, jadi nggak perlu kuping atau hati berdarah-darah karena ditusuk pisau verbal para supervisor. Hahaha. 

PS. I'm gonna miss my super pathological komuda group :" nggak akan ada lagi gosip-gosip siang bolong, I'm gonna miss you guys, so badly. 

You Might Also Like

0 comments