Ventilasi Pasca Ujian

10.10

Hello!

Hari ini super duper panjang, sepanjang itu sampe pas temen-temen ngomongin tentang laporan jaga pagi ini, saya nyeletuk, "Emang tadi pagi ada laporan jaga?" dan temen-temen ngeliatin saya heran, "Tiw, lo bahkan duduk paling depan." Hell yeah, selupa itu! Perasaan kejadian laporan jaga itu udah terjadi semingguan yang lalu.

Hari ini adalah hari ujian kompre pertama angkatan kami. Deg-degannya luar biasa dong. Bahkan saya yang udah hampir setahun 'mati rasa' sama ujian pun, tadi di Gojek udah pengin cari kantong bernapas buat ngatasin panik yang muncul tiba-tiba. Seakan susah banget memunculkan pikiran, "Selesai hari ini, apapun yang terjadi, saya akan pulang dan tidur nyenyak di rumah," yang selalu jadi mantra andalan tiap kali dulu jaman koas mau 'maju perang'.

Sejujurnya saya nggak siap banget mau ujian, mengingat satu semester ini saya payah banget sekolahnya. Nggak tau kenapa udah kayak orang gangguan penyesuaian atau depresi agitatif, bahkan. Saya ngerasa nggak ada satu pun tugas saya yang beres. Pesimis banget. Bener-bener beda sama saya yang biasanya. 

But, in the end, it turned out pretty well. Saya merasa cukup puas dengan hasil yang saya dapat. Belum maksimal sih, tapi sepadan lah dengan upaya saya yang juga kurang maksimal. Mungkin ini tamparan juga buat saya supaya lebih rajin di semester-semester depan dan nggak main-main dengan pendidikan saya. 

Saya baru sadar setelah kecemplung bahwa jadi psikiater itu adalah menjadi alat diagnosis selain terapis yang baik. Saat ini saya masih sampai di tahap belajar menjadi alat diagnosis yang baik dan saya belum memberikan upaya terbaik saya. Gimana mau jadi terapis, kalo jadi alat diagnosis aja masih banyak defeknya? 

Dan menjadi alat diagnosis yang baik, ternyata nggak semudah itu. Untuk mendiagnosis pikiran, perasaan, perilaku, persepsi, kepribadian, dan kondisi psikososial orang lain, seorang psikiater harus bisa mengolah hal-hal tersebut yang ada di dalam dirinya sendiri supaya lebih objektif, empatik, dan juga boundaries-nya terjaga alias nggak baperan. It means, kita harus bersedia jadi pasien dulu sebelum jadi alat diagnosis sekaligus terapis yang baik. It ain't easy, at all. Mengubah tabiat lama nggak semudah membalik telapak tangan. So, it will be a hard, rough, and even heartbreaking journey - but still we have to seize it if we want to grow beautifully. 

Saya merasa terbantu banget dengan adanya temen-temen dan senior yang amat sangat suportif sampe pengin nangis. Tadi pagi rasanya nyesek banget ketika senior yang ngga akrab-akrab amat tiba-tiba nge-chat untuk kasih semangat buat ujian. Belum lagi kakak PA yang udah ngasih semangat dari jauh-jauh hari dan bahkan rela ninggalin kerjaannya sebentar demi nanyain, "Gimana tadi ujiannya?" sementara saya ketawa-ketawa (bukan karena bisa jawab ya, lebih karena ngga bisa dan menertawakan kebodohan sendiri) dan tiba-tiba nangis sampe semua orang pada heran. 

Dan pastinya temen-temen seangkatan yang saling memberikan support, baik yang konstruktif maupun destruktif. Gila ya, orang kok bisa pada baik-baik amat, heran sumpah. Udah gitu balik ujian, kita nongkrong makan es krim dan ketawa-tawa sampe malem, menertawakan segala macam kebegoan dan kemalesan dan segala sifat buruk dan aneh kita selama setahun ini sekolah. The best lah! Ini nih yang bikin saya galau mulu kapan mau program hamil, ga mau banget pisah dari mereka! Hahaha :))

You Might Also Like

0 comments