Euforia Laskar Pelangi

08.45

Hyaaa.... Dan film yang lagi digandrungi saat ini adalah... LASKAR PELANGI. Kisah nyata yang dialami dan diangkat sendiri oleh Andrea Hirata ke dalam novelnya yang berjudul Laskar Pelangi.

Di buku sekaligus film pertama ini, diceritakan tentang 10 anak Belitong yang baru mulai masuk SD. Orang tua mereka terpaksa memasukkan mereka ke SD karena nggak mau dihukum karena nggak memperhatikan pendidikan anak. Padahal, mereka sendiri nggak yakin sanggup membiayai.

Tersebutlah sebuah sekolah, SD Muhammadiyah dengan kepala sekolahnya, Bapak Harfan Arfandi dan gurunya yang bernama, Ibu Muslimah, keponakan Bapak Harfan. Sekolah ini memberikan sedikit harapan bagi para orang tua yang kebanyakan kuli PN Timah, dengan memberikan pendidikan gratis, tanpa ditarik uang sedikitpun.

Masalahnya, SD Muhammadiyah ini harus tutup kalau siswa yang mendaftar kurang dari 10 anak. Nah, sampai detik-detik terakhir, cuma ada 9 anak yang sudah terdaftar di SD ini. Sampai, seorang anak datang tertatih-tatih dengan ibunya. Anak ini adalah Harun, seorang cacat mental. Bapak Harfan pun menerima siswa spesial ini, yang penting sekolahnya bisa tetap berdiri.

Dan cerita pun dimulai...

Yah, pokoknya sarat dengan nilai moral dan perjuangan lah. Bagus banget dibaca sebagai motivator. Saya sendiri sedikit banyak mulai meresapi isi perjuangan yang disampaikan lewat buku ini. Walaupun belum selesai membaca buku pertama dari tetralogi Laskar Pelangi ini. Tetralogi ini sendiri terdiri atas: Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Edensor, dan Maryamah Karpov.

Yang awalnya, saya malas berangkat les di tengah siang bolong naik sepeda. Sekarang, saya jabanin setelah baca cerita tentang Lintang, seorang anak yang tinggal paling pelosok, dan mesti mengayuh sepeda sejauh puluhan kilometer cuman untuk sekolah. Walaupun, dia mesti datang terlambat dan cuma bisa ikut pelajaran untuk beberapa menit. Salute...

Bahasanya kadang agak susah dimengerti, tapi secara keseluruhan buku ini menarik. Selain itu, buku ini juga banyak dijadikan acuan untuk menulis makalah dan tugas skripsi. Entah kenapa. Yang jelas, saya merasa wajib nonton film nya di bioskop yang mulai diputar hari ini, Kamis, 25 September 2008.

You Might Also Like

0 comments