Untul

00.17

Di FK Undip, ada istilah yang namanya untul. Kalau dideskripsikan, untul ini adalah sesosok manusia yang seringnya tampak lusuh dengan kantong mata menggembung dan tubuh yang selalu lelah. Ia memiliki kaki dan tangan yang sigap, sepasang telinga yang siap mendengarkan omelan, dan mulut yang dijaga sekuat tenaga untuk tidak mengumpat.  Ia seringkali diminta untuk meninggalkan hatinya di rumah agar tidak mudah terbawa emosi. Ia sering tampak sibuk di suasana yang tenang, sebaliknya di suasana ramai ia seringkali ditemukan mepet ke dinding bagaikan cicak. Kehadirannya dibutuhkan walaupun sering diabaikan. 

Definisi awam dari untul adalah PPDS baru alias dokter yang baru saja diterima untuk menjalankan pendidikan dokter spesialis.

Di tempat saya (akan) belajar saat ini, tidak ada istilah untul, hanya PPDS baru, yang kurang lebih jobdesc nya sama dengan untul, hanya jauh lebih beradab (menurut saya pribadi, setelah membandingkan testimoni PPDS baru dari berbagai universitas). Walaupun belum resmi menjadi PPDS baru (karena belum daftar ulang dan sebagainya), kami sudah mulai membantu berjalannya kegiatan di tempat baru ini. Kemarin, kami baru saja membantu kakak-kakak senior yang menjalankan ujian nasional.

Daaan... alhamdulillah semuanya berjalan lancar. Walaupun ada satu dua masalah, tapi dapat teratasi. Bangga dan seneng banget bisa bekerja sama dengan baik dengan 12 teman baru lainnya. Kompak dan saling meng-cover satu sama lain. Saling membantu dan meringankan beban. Semoga yang seperti ini akan selalu terjaga sampai pendidikan kami tuntas, bukan hanya anget-anget tai ayam kalo kata orang Jawa.

Apalagi senior dan penguji juga baik banget, sampe terharu T.T 

What they've done teach us not to feel more superior than everyone else, even our (future) junior. That we have to rely the responsibility to take care of our own business on ourselves. We may need help, but take nothing for granted.

Mungkin masih terlalu dini untuk menggambarkan pengalaman PPDS baru di sini. Tapi mungkin memang seperti itulah adanya dan mungkin itulah kenapa di sini ngga ada istilah untul :" -atau saya yang belum tau aja istilah lain dari untul :))-

You Might Also Like

0 comments