My Last Year Timeline (up to now)

00.50

Nggak terasa setahun udah berlalu sejak internsip berakhir. Agak bertanya-tanya sih, selama ini ngapain aja, udah achieve apa aja. Rasanya kayak belum ngapa-ngapain, nggak merasa bener-bener jadi dokter. Secara temen-temen lain kayaknya udah pada kerja di RS atau buka praktek sendiri. Ada yang udah jadi CPNS. Ada yang gabung Nusantara Sehat. Ada yang udah sekolah PPDS bahkan.

Tapi le hubby ingetin saya, semua orang punya timeline nya masing-masing. Dan selama ini pun saya nggak nganggur. Baru deh inget, selesai internsip saya ngurusin segala pritilan urusan pernikahan. Di saat yang sama saya sering gantiin jaga prakteknya senior. Bantuin ngadain penyuluhan di klinik-klinik. Dan juga sibuk cari kerja magang. Ya, kerjaan yang udah saya jalanin hampir 10 bulan ini. 

Dan walaupun kerjaan saya bukan kerjaan klinis yang memungkinkan tiap hari ketemu pasien, banyak manfaat yang saya dapat dari kerjaan ini. Selain jaringan di Departemen Psikiatri FKUI RSCM yang sebelumnya sama sekali asing buat saya, saya juga merasakan kemajuan yang signifikan dalam berbagai hal ilmiah.

Saya dulu cukup sering bantu PPDS untuk nerjemahin berbagai artikel ilmiah. Nah, saat ini kerjaan saya jauh lebih berkembang: baca artikel-artikel ilmiah untuk kemudian dibikin summary dan diminta untuk jelasin kembali ke konsulen. Beberapa kali juga saya diminta untuk bantu bikin abstrak ilmiah bahkan paper dalam Bahasa Inggris dan betapa bahagianya dong ketika tahu paper tersebut bakal dipublikasi. Saya juga bantu beberapa project penelitian, mulai dari membuat instrumen, mengumpulkan, sampai mengolah data. Something I never achieved back in my undergraduate years

Dan looking back this year, saya melakukan sesuatu kok. Dan itu nggak sia-sia. Dan saya merasa beruntung banget bisa melakukan semua hal itu. Hal-hal yang dulu nggak pernah saya tahu bisa saya lakukan. 

You Might Also Like

0 comments