Prolog

22.50

Di instagram lagi hype banget yang namanya template Q&A. Mengingatkan pada jaman-jaman main Friendster dulu. Banyak juga akun kedokteran bikin template semacem itu. Kebanyakan sih bahas jaman koas, secara ya... Koas itu luar biasa banget. Koas itu yang bedain mahasiswa kedokteran sama mahasiswa lainnya. Orang-orang di luar FK sampe suka heran sendiri, bisa ya gue masih hidup dengan keadaan koas yang gitu banget.

Nah gara-gara itu juga baru sadar, kalo selama koas saya juarang banget ngepost. Ditelpon pacar aja selalu ketiduran, cyin... Hahaha. Jadi, mumpung saya idupnya lagi agak selow, mau saya post secara berkala pengalaman saya di tiap stase. 

Disclaimer: it will be very long, sometimes boring, but exciting!

Sebelum lanjut ke post-post mengenai jaman koas, kita perlu tau dulu istilah-istilah ini:

1. Koas = dokter muda; adalah mahasiswa yang udah lulus sarjana kedokteran dan lagi praktik di bawah bimbingan untuk dapet gelar dokter

2. Stase = bagian/ station; stase adalah bagian di mana koas sedang praktik. Jadi, kalian tau kan kalo ada yang namanya dokter saraf, dokter penyakit dalam, dokter anak. Nah stase itu bagiannya, ada bagian saraf, bagian penyakit dalam, bagian anak, dan lain-lain. Jadi koas stase anak adalah koas yang lagi praktik di bagian anak. Singkatnya seperti itu.

3. Stase luar; artinya adalah stase yang dilakukan di luar rumah sakit utama. Dalam hal Undip, artinya di luar RS Kariadi.

4. Koas fisio = koas fisiologis; fisiologis artinya normal, sedangkan koas fisio itu koas yang (tingkah lakunya) normal. Tingkah laku dalam bekerja lho ya. Artinya dia rajin belajar, tapi ketika saatnya santai, dia bisa santai juga.

5. Koas ambi = koas ambisius; tau lah ya artinya ambisius. Koas ambisius ini orang yang super duper rajin, saking rajinnya sampe nyusahin orang lain. Ibarat kita sekolah nih, ada pr, tapi gurunya lupa, trus ada temen yang ngingetin gurunya untuk kumpulin pr. Padahal anak-anak lain udah bahagia gara-gara gurunya lupa. Ini salah satu contoh tingkah anak ambi. Tingkah menyebalkan lain bisa jadi dia berupaya segala cara biar nilainya paling bagus, termasuk ga mau jaga pas dia mau ujian, padahal kalo dia ujian, orang lain ujian juga. 

6. Koas pato = koas patologis; patologis itu kebalikannya normal, atau bisa dibilang 'sakit'. Nah koas patologis ini kayak penyakit, bikin sakit temen yang lain karena suka seenaknya. Kayak parasit aja kerjaannya, dianya santai tapi bikin orang lain jadi ga nyantai. 

7. Konsulen = dokter spesialis yang juga staf pengajar

8. Residen = PPDS, dokter umum yang sedang menempuh pendidikan untuk jadi dokter spesialis

9. Kelompok kecil = kelompok koas yang terdiri dari 4-5 orang, yang menjalani sepanjang masa koas bersama dalam susah dan senang

10. Kelompok besar = gabungan beberapa kelompok kecil yang menjalani satu stase bersama

11. Jamal = jaga malam

12. Lapjag = laporan jaga

13. Kasbes = kasus besar; laporan kasus yang harus kita buat dengan bimbingan residen dan dipresentasikan di depan konsulen serta teman kelompok besar

14. Kascil = kasus kecil; laporan kasus yang harus kita buat dengan bimbingan residen dan dikumpulkan atau dipresentasikan di depan konsulen dan teman sekelompok kecil 

15. Kasdung = kasus dua mingguan; laporan kasus yang harus kita buat dengan bimbingan residen dan dikumpulkan atau dipresentasikan di depan konsulen dan teman sekelompok kecil, cuma ada di stase anak

16. VK = ruang bersalin

17. OK = ruang operasi

18. RR = recovery room; ruang persinggahan saat pasien selesai dioperasi

19. ICU = Intensive Care Unit; ruang perawatan untuk pasien dengan keadaan kritis

20. Label hijau = ruang di IGD untuk pasien gawat darurat yang tingkatannya ringan

21. Label kuning = ruang di IGD untuk pasien gawat darurat yang tingkatannya sedang

22. Label merah = ruang di IGD untuk pasien gawat darurat yang paling berat

23. IGD = instalasi gawat darurat, tempat menangani pasien yang butuh pertolongan segera dan terancam jiwanya

24. Poli = poliklinik = instalasi rawat jalan, tempat periksa pasien yang nggak butuh pertolongan segera atau nggak terancam jiwanya

25. Puskesmas, tau lah yhaaa....

Oke, sekian pendahuluan dari saya. Nantikan post perdana mengenai jaman koas Part 1. IKM. See yaaa....

You Might Also Like

0 comments