---

01.30

Empat bulan ini saya berhasil survive jadi dokter internsip dan jadi anak rantau. Mungkin cerita saya nggak semenarik dan seajaib mereka yang internsip di pedalaman atau di daerah pedesaan dengan pemandangan gunung-gunung dan pantai yang bikin adem jiwa raga. Tapi insya Allah ada hikmah yang bisa diambil (ceile udah macem bu hajah).


Internsip di puskesmas artinya belajar lebih banyak tentang kesehatan masyarakat, baik yang sifatnya kuratif (penyembuhan) dan terlebih lagi yang sifatnya promotif dan preventif (pencegahan). Nah, kegiatan favorit saya selama internsip adalah penyuluhan.

Inget nggak sih jaman kita masih SD dan dapet tugas untuk pidato di depan kelas? Waktu saya SD, pidato nggak cuma jadi ujian praktek buat bahasa Indonesia, tapi juga bahasa Jawa (bahasa daerah saya). Wuh, keinget gimana satu badan gemeteran dan mulut cuma semacam speaker yang ngeluarin suara dari kaset di otak yang terus-terusan diputar dari malam sebelumnya. Apalan mati!

Selama penyuluhan, bahkan saya kaget waktu tiba-tiba dengan tenang begitu aja ngambil mic dari bu bidan dan dengan kata-kata yang keluar begitu saja mulai membuka acara dan memberikan materi, tanpa ada rasa waswas atau keringet dingin. Yah masih gemetar dikit sih. Belum lagi saat diskusi dan ada pertanyaan yang aneh-aneh, kok ya bisa lho berpikir dengan kepala dingin. Dalam hati bilang, "Kok bisa ya saya kayak gini?" 

Dan somehow saya menyadari sesuatu bahwa pendidikan saya selama koas kemarin walau kayaknya gitu-gitu aja ternyata udah menempa mental saya. Dari yang awalnya gampang banget cemas kalo mau ketemu orang jadi santai dan rileks. Well, walaupun kalo urusannya sama yang gawat-gawat ya masih tetep aja cemas. But, I think it's only a matter of time. Kalo bahasa kita, jam terbang. 

To us doctor, managing our anxiety is not something we learn at school. It is something we gain from our experience. Not that I am an expert, but I am pretty sure, I am a better person than I was then. And I will not stop trying to be a good doctor for the society of today and tomorrow :)

You Might Also Like

0 comments