Tes MMPI

23.08

Akhir-akhir ini, fakultas kedokteran, utamanya jurusan kedokteran umum di berbagai institusi pendidikan menerapkan Tes MMPI sebagai salah satu ujian masuknya. 
Tes MMPI ini apa sih?
Tes MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory) adalah tes psikometrik untuk mengukur kesehatan mental, medikal, dan preposisi pekerjaan. Tes ini berisi banyak pertanyaan dengan opsi jawaban ya dan tidak. Dari tes ini dapat diketahui kepribadian seseorang, gangguan antisosial, gangguan seksual, gangguan depresi, kebohongan, dan sebagainya. (from here)
Kenapa perlu dilakukan tes ini pada calon mahasiswa kedokteran? Ini pendapat pribadi saya:
  • peminat fakultas kedokteran sangat banyak, utamanya jurusan kedokteran umum
  • paradigma klasik bahwa dokter itu mudah mencari pekerjaan dan menghasilkan banyak uang
  • tekanan dari rekan sejawat terhadap pihak fakultas untuk menerima anak-anaknya di jurusan ini (ingat sumpah dokter untuk memperlakukan rekan sejawat seperti keluarga sendiri, mungkin termasuk anak cucu)
  • banyak mahasiswa kedokteran yang tertekan dengan pendidikan yang padat dan keras (terutama di pendidikan profesi)
  • banyak mahasiswa yang (merasa) salah jurusan karena masuk atas paksaan keluarga 
Dengan tes MMPI ini mungkin diharapkan nantinya mahasiswa kedokteran benar-benar mahasiswa yang berminat di bidang ini bukan karena paksaan, tahan banting apapun cobaannya, mau berjuang keras, dan pada akhirnya menjadi dokter yang pasien-oriented dan bukannya money-oriented. No, bukannya uang nggak penting. Maksudnya di sini nggak maksa untuk balik modal karena biaya yang keluar selama pendidikan kedokteran emang nggak kecil. Jadi, dalam bekerja menangani pasien bisa lebih objektif.

You Might Also Like

0 comments