Partus

22.43

Partus atau proses persalinan itu adalah hal yang hampir selalu dilalui oleh semua wanita. Yah, selama kuliah juga saya tahu kalau bayi yang tadinya di uterus itu keluarnya lewat liang vagina. Tapi, kebayang nggak sih?


Saya nggak pernah ngebayangin sampe beberapa minggu lalu ikut Medical Training di kampus, topiknya adalah Partus. Di acara MedTrain itu, kami dikasih tontonan video orang lagi partus. Dan itu bukan video animasi, itu beneran, itu orang. Dan yang bikin makin ngep, orangnya itu orang Indonesia. Yaaa, emang orang Indonesia kek, orang India, Eropa, Amerika, sama-sama orang. Tapi, kesannya kalo orang Indonesia, yaaa nggak jauh-jauh dari kita, dan pelayanan yang mungkin ntar kita terima -well, saya terima- mungkin nggak beda jauh dari itu. 


Saya nggak akan jelasin detilnya tapi seriusan nonton video itu saya teriak-teriak, ngerintih-rintih sepuluh kali lebih banyak ketimbang pas nonton Insidious. Hoaaaahhh... Rasanya ngep banget. Bayangin ada kepala bayi keluar dari situ... Dan keluarnya pelan-pelan, nggak boleh ditarik... Mana habis itu mesti dijahit... Duh, nontonnya aja saya kepingin pingsan. Dan setelah nonton bolak-balik saya dan temen-temen ngomong sendiri, "Duh, ntar gimana ya kalo melahirkan? Ini aku masih kepingin punya anak kan ya? Masih pingin hamil sama melahirkan kan ya? Duh, apa caesar aja ya ngelahirinnya?" Wis pokoke omongan kita udah jauh-jauh ke sana dan mendadak kehilangan minat untuk hamil dan melahirkan (yaaa, moga-moga sementara aja sih).


...


Berarti, ibu-ibu kita tuh jago banget lho temen-temen. Bener-bener super. Dih, serius itu ngelahirin udah susah, ngeri lagi. Haaaahhhh... Saya aja sekarang kalo nyaris bete sama ibu, pasti kebayang video itu dan yahhh, ikhlas aja deh. Ngelahirin yang normal kayak begitu aja ngeri banget, apalagi waktu itu saya lahirnya sungsang, lebih susah dan lebih ngeri lagi. Hahhh... Bu, makasih banget yaaa, apapun yang saya lakuin nggak akan nyamain setitik pun yang ibu kasih ke saya :')

You Might Also Like

0 comments