Feel Like A Loser

21.47

Jadi mahasiswa kedokteran itu, kadang-kadang rasanya aneh dan nggak wajar. Bukan masalah jadi mahasiswa kedokterannya, mungkin karena yaaahh... Gini deh contohnya...


Beberapa waktu yang lalu, di kelas saya, di tengah jam ujian tengah semester, ada kakak kelas yang tiba-tiba jatuh dan kejang-kejang. Epilepsinya kambuh. Di situ ada sekitar 120 mahasiswa dan semuanya calon dokter. Tapi, pas ada kejadian kayak gitu, hampir nggak ada yang gerak. Semuanya saling ngelihat satu sama lain, berpandangan, dan semua saling tahu apa yang dipikirkan satu sama lain, "kita mesti ngapain?"


Oke, mahasiswa yang saling memandang, sambil ragu-ragu untuk beranjak, salah satunya saya. Beneran itu rasanya kayak pengen nolong, cuman nggak tau apa yang mesti dilakuin, dan takut memperunyam keadaan. Yang bikin ragu-ragu lagi, saya duduk jauh dari si kakak kelas yang epilepsi nya kumat ini, dan masih banyak temen dan kakak kelas calon rekan sejawat yang duduk lebih deketan sama si kakak, dan mereka juga sama seperti saya. Sumpah, rasanya loser banget.


Untung dosen yang juga dokter langsung ke kelas saya, setelah ditelpon yang jaga ruang ujian. Dan hampir semua mahasiswa ngelihat dengan wajah penasaran dan pengen tahu macam saya. Sebenernya nggak rumit banget ngadepin penderita epilepsi, buat pertolongan pertama. Jadi, kalo kakak kelas saya itu kasusnya setelah kejang, dia kemudian pingsan. Nah, selama kejang itu kan air liurnya keluar dan nyumbat di mulut, sama kayak prinsip Air, Breathing, Circulation, pertama mesti dibersihkan dulu jalan nafasnya. Kalo yang waktu itu saya liat sih ibu dosen ngebersihin air liur nya pake tisyu, supaya nggak tersumbat jalan nafasnya. Nah, kalo kejangnya masih ada atau lidahnya menjulur keluar karena kejang tadi, mulutnya disumpal pake sapu tangan, jadi lidahnya nggak kegigit. Kalo kira-kira udah cukup tenang, seperti orang pingsan atau tidur gitu, coba dibangunin pelan-pelan atau pake bau-bauan semacem minyak kayu putih. 


Ahhhh.... Alhamdulillah, akhirnya si kakak kelas bangun dan ngerjain ujian lagi. Hmmm... Yah, paling enggak sekarang tau apa yang mesti dilakuin kalo ada kasus kayak gitu lagi. Insya Allah, nggak feel like a loser lagi :)

You Might Also Like

0 comments