Hidup adalah Pilihan

04.56

Ada pepatah bilang:
HIDUP ADALAH PILIHAN

Oke, itu hanya pepatah. Dan nggak tau kenapa, pepatah, (entah) fakta itu belakangan mondar- mandir di kepala saya.


Yang saya dapat dalam hidup sekarang ini adalah buah pilihan saya di masa lalu.

#1 Saya nggak akan ada di sini, di UNDIP. kalo saya nggak milih masuk Aksel SMP. Saya mungkin masih duduk di kelas 3 SMA dan lagi berpusing-pusing dengan ujian yang bakal segera menghadang.

#2 Saya mungkin bakal punya lebih banyak temen kalo saya ikut ekskul pas SMA. Dan mungkin saya akan menjadi orang yang punya pengalaman organisasi lebih baik kalo dulu saya nggak menuruti ego diri untuk cabut dari PMR.

#3 Saya mungkin nggak bakal punya super cool friends outta country kalo dulu saya nyerah dan nggak jadi ngumpulin berkas AFS. (saya inget banget dulu daya terakhir ngumpulin, sampe ditelpon dari chapter, saya dikira nggak jadi daftar)

#4 Saya mungkin nggak akan ada di FK Undip, kalo pilihan di formulir SNMPTN saya isi semau saya.

#5 Saya dan sahabat saya mungkin jadi musuh bebuyutan sekarang kalo dulu saya juga punya rasa sama dia :P

#6 Saya mungkin masih bisa berteman sama seseorang kalo saya bisa menahan rasa kesel saya pada suatu waktu di masa lalu.

#7 Saya mungkin....

Saya membayangkan hidup ini seperti buku Goosebumps. Asal mula cerita boleh satu, tokoh juga nggak berubah. Tapi banyak cerita lain yang akan menyeretmu ke dua muara: kamu selamat atau mati.

Begitu juga hidup ini. Saat kamu memilih satu jalan, selalu ada cabang lain, yang menuntutmu untuk terus memilih, memilih, dan memilih. Karena, sekali lagi, hidup adalah pilihan.

Manusiawi, kalau sesekali kita memilih jalan yang salah. Tapi, percayalah... Nggak akan ada jalan buntu. Kalau mau berusaha, dalam kebuntuan, kita akan bisa membuat jalan baru. Jalan kita sendiri. Jalan yang kita percayai. Karena saat kamu tidak menemukan jalan apapun, kamu mati.
Jangan juga kamu berharap hidupmu lurus. Hidup lurus itu tanpa ambisi, seperti mati suri. Kamu seakan mati, nggak ada yang menantang kamu untuk dihadapi, untuk dilalui, dan potensi lain yang kamu miliki nggak akan tergali. Hidup yang sangat membosankan.

Berat juga omongan saya. Hahaha. Intinya, jangan pernah menyerah karena semua hal bisa dihadapi kalo selalu berpikir optimis. Okeee????!!! Enjoy your life... And don't be afraid to choose, 'cause life is about choices :D



*pic is taken from here

You Might Also Like

0 comments