Review : The Queen

08.36

"The Queen" bukan film baru, ini film udah cukup lama (2006). Aku nonton di Metro TV sekitar seminggu yang lalu. Dan aku merasa film ini cukup bagus untuk di-review.

Film ini bercerita tentang Ratu Inggris, Elizabeth II (Helen Mirren), di masa awal pemerintahan Perdana Menteri Tony Blair (Michael Sheen), setting tahun 1997.
Elizabeth II yang sangat memegang teguh tradisi Inggris dan sakralitas konvesional lainnya, tiba-tiba merasa terancam oleh Perdana Menteri nya sendiri yang menginginkan adanya revolusi menjadi sebuah pemerintahan yang modern. Apalagi di luar sana, hampir seluruh penduduk Inggris mendukung aksi Perdana Menteri Tony Blair.

Masalah muncul ketika menantu semata wayangnya, Lady Di, tewas karena kecelakaan tragis di sebuah terowongan di Paris, Pon't de l'Alma, bersama selingkuhannya, Dody Al Fayed. Elizabeth II menganggap kejadian ini sebagai aib yang harus ditutupi. Namun, ini bertentangan dengan keinginan rakyat dan Tony Blair. 

Lady Di yang sangat berkarisma tidak mungkin tidak mengundang perhatian orang banyak. Rakyat yang didukung Perdana Menteri Tony Blair menuntut pihak kerajaan untuk tanggap dan ikut menunjukkan rasa simpatinya. 

Awalnya, Elizabeth ragu karena yang ia tahu, sebagai seorang pemimpin, ia harus bisa menutupi perasaan dan emosinya demi rakyat. Sebaliknya, sekarang dia dituntut rakyat untuk menunjukkan perasaannya. Elizabeth merasa belum siap dengan perubahan tersebut. 
Namun, walaupun Elizabeth adalah seorang ratu, yang menguasai sebuah kerajaan yang telah berdiri ratusan tahun yang lalu, ia hanyalah seorang wanita. Ia memiliki sensitivitas, kelembutan, dan naluri keibuan.

Di akhir cerita, Elizabeth setuju untuk melakukan beberapa perubahan karena waktu memang telah berubah dan cara konvensional sudah agak ketinggalan zaman.

Sementara itu, Tony Blair yang menyadari bahwa Ratu Elizabeth sebenarnya bukanlah orang yang keras hati pun ikut melunak. Ia tidak memaksakan Ratu Elizabeth untuk melakukan perubahan seperti yang ia inginkan. In the end... They can make a good combination.
Aku suka banget sama pemeran Ratu Elizabeth (Helen Mirren). Dia punya wajah yang keukeuh, keliatan banget kalo dia itu perempuan yang tegas, tegar, tapi lembut. Sangat aristokrat

--
Quote:
You know, when you get it wrong, you really get it wrong! That woman has given her whole life in service to her people. Fifty years doing a job SHE never wanted! A job she watched kill her father. She's executed it with honor, dignity, and, as far as I can tell, without a single blemish, and now we're all baying for her blood! All because she's struggling to lead the world in mourning for someone who... who threw everything she offered back in her face. And who, for the last few years, seemed committed 24/7 to destroying everything she holds most dear!
(Tony Blair to his wife)
--
source: www.imdb.com

You Might Also Like

2 comments

  1. ejjanotelogy6 Mei 2009 23.11

    yeah i watched that film. tapi ak masi ga ngerti aja knapa persoalan pemakaman Lady Di bikin Ratu mpe segitunya. segitu ga sukanya ya beliau??

    BalasHapus
  2. gataw... iya kalii yaa.. segitu ngga sukanya.. mungkin karena si Di, beda banget sama dia, yang slalu nutupin perasaan. hee..

    BalasHapus