Let's Celebrate 2009 Democratic Party!!

07.25

Hei hei hei!!! Udah siapkah kalian menyambut pesta demokrasi negara kita tanggal 9 April 2009 nanti?? Udah ada bayangan, bakal milih siapa?? Ato malah mau golput?? 
Pesta demokrasi di negara kita yang berlangsung 5 taun sekali, kayaknya taun ini bakal sedikit berbeda, guys. Kita nggak lagi mencoblos, tapi mencontreng. Walopun menurut sosialisasi pemilu yang diterima sama ketua kelasku di sekolah, suara akan tetep sah walopun kita mencoblos dan bukannya mencontreng.

Kalo aku boleh ngasi opini, kayaknya pemilu dengan 'contreng' style ini agak kurang pas karena sebagian penduduk di Indonesia, terutama orang-orang usia lanjut, banyak yang nggak bisa baca tulis. Jadi, mereka lebih mudah mengenali rupa daripada nama. Yah, tapi mereka bisa milih partainya aja kan??
Selain itu, pemilu kali ini diikuti 32 partai yang semuanya mengaku-aku sebagai yang terbaik dan akan membawa bangsa ini menjadi lebih baik. Tapi, pastikan calon legislatif yang kalian pilih nanti berasal dari partai yang punya kesamaan visi misi dengan kalian. Yah, karena walopun semuanya ngaku sebagai yang terbaik, tetep kan mereka punya perbedaan visi dan misi. 

Tapi... Mungkin banyak juga dari kalian yang berpikiran untuk golput. Secara terlalu banyak caleg yang bahkan kalian gak pernah tau, gak kenal, dan gak tau peranan mereka, tiba-tiba kalian disuruh milih salah satu dari mereka untuk menyalurkan aspirasi kalian?? Hoho.. santai aja... 
Dari sekarang, kalian pasti udah ada pikiran kan mau milih siapa buat jadi presiden? Nah, kalian bisa pilih caleg dari kader partai yang bersangkutan kalo kalian bingung. Walaupun Indonesia bukan negara dengan sistem pemerintahan parlementer, tetep aja, presiden tanpa kekuatan partai di DPR, bakalan kayak macan ompong, presiden bakalan gampang di-'goyang'. Makanya, kalian cukup contreng di bagian logo partai aja, tanpa memilih satu nama. Karena menurut salah satu pasal aturan "pencontrengan", kader bisa dipilih berdasarkan ketentuan partai, kalo pemilih nggak milih mereka secara perorangan.


Oke, guys... Jadi, masih adakah dari kalian yang berniat untuk golput?? Uhm... Moga-moga nggak, ya.. karena satu suara saja bisa membawa perubahan bagi bangsa kita. Aku aja pengen banget jadi bagian dari pesta demokrasi ini, sayangnya, belum terdaftar sebagai pemilih.
So, in the end... Have a nice democratic party!! Hope all the best for this country!!!

You Might Also Like

0 comments