Tradisi Puasa di Indonesia.. (eits, beneran tradisi nih?)

07.21

Hello!!!

Aku selalu seneng suasana bulan puasa kayak gini. Penuh kegiatan yang menyenangkan dan di mana-mana rame.

Siang-siang bolong, di mall rame beratt, secara orang-orang pada ngadem sekaligus beli persediaan makanan buat buka ato saur. Ada juga yang beli baju baru buat kegiatan Ramadhan sekalian buat lebaran.

Sore-sore menjelanng senja, jalanan rame sama anak-anak muda yang ngejual makanan buat buka alias ta'jil. Kebanyakan dari mereka ngelakuin itu buat ngisi waktu sebelum buka alias ngabuburit. Tujuannya macem-macem: ada yang cari duit buat buka bareng temen-temen, ada yang cuman seneng-seneng aja (kalo nggak kejual abis, yawda dimakan rame-rame), ada juga yang buat ngumpulin duit untuk bakti sosial.

Nah, kalo udah mulai malem nih, menjelang isya' anak-anak ampe orang tua pada rame jalan ke mesjid untuk sholat isya', tarawih, dan witir berjamaah. Seneng aja gitu.

Malemnya, kalo mereka udah balik semua, anak-anak suka nyalain kembang api ato petasan. Emang sih, kalo nyalain petasan itu bahaya. Tapi, kalo nggak keterlaluan juga enak kog, bisa buat rame- rame biar kerasa meriah gitu. Nah, kembang api apalagi tuh, asyik banget main kembang api bareng temen-temen.

Nah, dini hari menjelang saur, anak-anak biasanya suka keliling bawa bunyi-bunyian macem-macem. Mulai dari kaleng, sendok garpu, kadang panci emaknya, ember, galon pula. Mereka keliling sambil teriak, "Saur!!! Saur!!! dung dung dung (bunyi musiknya)". Yah, emang sih ngagetin tapi... nyenengin lah, semarak rasanya.

Abis saur, orang-orang pada ke mesjid buat jamaah solat subuh, abis itu tadarusan, jam aku berangkat sekolah nih, biasanya ibu-ibu yang nggak kerja pada balik dari mesjid gitu.

Itulah tradisi puas di negara kita. Beruntunglah kita bisa berpuasa dan menikmati bulan Ramadhan di Indonesia. Coba di Amrik gitu, hwaa... beratt godan lebih banyak dan menantang. Tapi, emang itu kan inti dari bulan puasa?? Melatih kesabaran dan ketakwaan. Amin...

You Might Also Like

0 comments